Menjadi Jalan Kebaikan Orang Lain

Sebagai manusia yang normal tentunya kita menginginkan hasil yang besar dengan usaha yang kecil, bukan begitu? Hal ini senada dengan prinsip ekonomi yang banyak diterapkan sejak zaman dahulu yaitu modal sekecil-kecilnya dengan mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Dan tahukah kamu kalau dalam ajaran islampun kita bisa melakukan hal yang sama, maksudnya kita bisa melakukan usaha yang begitu ringan dengan ganjaran yang begitu besar dari Allah Ta’ala (Insya Allah). Coba kamu simak hadist berikut ini yang termuat dalam gambar, cekidot:

Jalan BaikSumber Gambar dari https://twitter.com/muslimorid

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

Dari hadist diatas kita bisa mendapatkan pahala dengan sebab amalan yang dilakukan oleh orang lain dengan syarat orang tersebut mendapatkan contoh amalan tersebut dari kita. Sebagai contoh, kita memotivasi orang lain untuk bersedekah dan ketika mereka bersedakah maka pahala dari sedekah tersebut akan sampai kepada kita juga, enak bukan? Iya kan iya dong.

Contoh lainnya adalah jika kita mengajarkan Surat Al-fatihah kepada orang lain, maka setiap kali orang tersebut membaca surat Al-fatihah maka kita akan mendapatkan “transfer” pahala. Tentunya ini menggiurkan sekali bukan? Karena setiap muslim (idealnya) tidak pernah lepas dari membaca surat Al-fatihah minimal 17 kali sehari dalam sholatnya (shalat fardlu).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s